Halaman

Selasa, 17 Januari 2012

Pendidikan Karakter..?????

Metodepengajaran dari kata “Metho” yang berarti melalui atau melewati, sehinggametode pengajaran berarti jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapaitujuan tertentu dalam hal ini tujuan pengajaran (Bambang Prawiro,1991).
Jadi metodepengajaran merupakan suatu alat (di samping alat lain seperti alat penilaian,alat peraga) yaitu alat untuk meyampaikan bahan pelajaran dalam rangkapencapaian tujuan pengajaran.
Semakinmajunya ilmu tentang mengajar (Metodologi Pengajaran), maka ada kriteria jenismetode modern dan metode tradisional. Kriteria yang dipergunakan pada umumnyaadalah keaktifan siswa, metode dan dasar psikologis dari metode-metode itu.
MenurutW.Gulo (2002:1) bahwa metode pengajaran adalah berbagai metode pengajaran yangperlu dipertimbangkan dalam strategi belajar mengajar (W.Gulo,2002:1).
Secara umummetode-metode itu dapat digolongkan ke dalam 2 jenis (Bambang Prawiro,1991) :
1. Metodeinteraksi secara individual.
2. Metodeinteraksi secara kelompok.
Programpengajaran adalah perangkat kegiatan belajar mengajar yang direncanakan untukmencapai tujuan yang kita sebut dengan tujuan instruksional (W.Gulo,2002:1).Sehingga, dibutuhkan suatu perencanaan dalam pelaksanaan program suatu programpengajaran.
Definisidari Prof. Dr. De Queljy dan prof. Gazali MA. Pembelajaran adalah menanamkanpengetahuan pada seseorang dengan cara paling singkat dan tepat. Dalam hal inipengertian waktu yang singkat sangat penting. Guru kurang memperhatikan bahwadiantara murid ada perbedaan individual, sehingga memerlukan pelayanan yangberbeda-beda. Bila semua murid dianggap sama kemampuan dan kemajuannya, makabahan pelajaran yang diberikan pun akan sama dengan kenyataan.
Secaraharfiah karakter artinya kualitas mental atau moral, kekuatan moral, nama ataureputasi (Hornby dan Panwell,1972:49). Menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia,karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakanseseorang dari yang lain, tabiat, watak. Berkarakter artinya mempunyai watak,mempunyai kepribadian (Kamisa,1997:281).
DalamDorland’s PocketMedical Dictionary (1968:126) dinyatakan bahwa karakter adalahsifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu. Di dalam kamuspsikologi dinyatkan bahwa karakter adalah kepribadian ditinjau dari titik tolaketis atau morl, misalnya kejujuran seseorang; biasanya mempunyai kaitan dengansifat-sifat relative tetap (Dali Gulo,1982:29).
Dan dapatdinyatakan bahwa karakter adalah kualitas atau kekuatan mental atau moral,akhlak atau budi pekerti individu yang merupakan kepribadian khusus yangmembedakan dengan individu lain (M. Furqon,2009:9).

Sumber : Karya tulis ilmiah Krisnawan SR dalam memenuhi persyaratan sebagai peserta Duta FKIP UNS Dewantoro-Dewantari 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar